60% Mobil Dinas Kota Bekasi Gagal Uji Emisi

Tedi Suteja, Global · Senin 01 Maret 2010 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2010 03 01 338 307864 g67GUSwAnh.jpg

BEKASI - Badan Pengolalaan Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Bekasi melakukan uji emisi terhadap mobil dinas dilingkungan pemerintah tersebut.  

Dalam uji emisi yang dilaksanakan, Senin (1/3/2010), sebanyak 50-60 Persen kendaraan dari kantor dinas, kecamatan, dan kelurahaan dinyatakan tidak lulus uji emisi.

 

Kasubid Badan Pengolalaan Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Bekasi Zainal Abidin mengatakan, mobil dinas jenis carry dari kelurahan yang paling banyak tidak memenuhi ketentuan uji emisi.

 

Menurut dia, bagi kendaraan yang dinyatakan tidak lulus uji emisi akan ditegur melalui surat dan diimbau kepada pengguna untuk melakukan perbaikan, seperti servis dan tune up. "Tapi ini memang belum ada perdanya," ujar Zainal saat melakukan pengecekan uji emisi.

 

Pengujian kendaraan dinas tersebut terdiri dari pengecekan carbon dan hidro karbon. Sementara target kendaraan yang dilakukan uji emisi sebanyak 250 unit. "Namun dari 250 kendaraan itu, 60 persen di antaranya diketahui tidak lulus uji emisi," ungkapnya.

 

Zaenal menerangkan, bagi kendaraan yang lulus pemeriksaan akan ditempel stiker lulus uji emisi. Bagi kendaraan gagal uji karbon ini juga diberi setempel tidak lulus di dalam buku uji emisi.

 

Selain itu, tambah Zaenal, dalam uji emisi ini Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Bekasi.

(ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini