DPRD Minta Penjelasan Gubernur DKI

Dadan Muhammad Ramdan, Okezone · Jum'at 16 April 2010 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2010 04 16 338 323251 PcaQMoe3lL.jpg Gubernur DKI Fauzi Bowo (Koran SI)

JAKARTA - Hari ini DPRD DKI akan menggunakan hak interpelasi untuk meminta penjelasan terhadap Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, terkait bentrokan berdarah di Koja, tepatnya kawasan makan keramat Mbah Priok.

"Nanti pukul 14.00 WIB. Agendanya meminta keterangan Gubernur DKI terkait bentrokan di Koja," ungkap Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Triwisaksana kepada okezone, Kamis (16/4/2010) malam.

Menurut dia, dewan perlu mendapat penjelasan lebih lanjut kenapa bentrokan tersebut bisa sampai terjadi sehingga memakan korban jiwa dan puluhan orang terluka. "Kami baru bisa melakukan evaluasi setelah mendengar penjelasan gubernur," katanya.

Terkait desakan pembubaran Satpol PP, Triwisaksana menjelaskan hal itu tidak serta-merta langsung dijalankan. Melainkan perlu ada kajian dan evaluasi menyeluruh.

"Saya pikir bukan lembaganya karena Satpol PP ada sebagai amanat undang-undang. Yang perlu dievaluasi itu kepemimpinannya dan kebijakan yang menimbulkan benturan di lapangan," paparnya.

Begitu juga dengan desakan pencopotan terhadap Kepala Satpol PP DKI Jakarta Haryanto Badjuri, juga harus didahului dengan evaluasi. "Soal itu juga ada di keputusan gubernur," imbuhnya. (ram)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini