Ahli Waris Mbah Priok Minta Pelindo Konsisten

Dadan Muhammad Ramdan, Okezone · Jum'at 16 April 2010 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2010 04 16 338 323256 ukSL5vnHgl.jpg Makam Embah Priuk (Foto: hanaanramdhaniassegaf.blogspot)

JAKARTA - Ahli waris Mbah Priok mengaku cukup puas dengan poin kesepakatan yang telah dicapai dengan PT Pelindo, terkait sengketa lahan di kawasan makam keramat itu.  

Pengacara ahli waris Mbah Priok, Yan Juanda, berharap PT Pelindo konsisten dengan kesepakatan yang telah dibuat. "Untuk itu, poin kesepakatan dibuat tertulis. Sebab, dari pengalaman sebelumnya hanya janji-janji, tak ada realisasinya," kata dia kepada okezone, Jumat (16/4/2010).

 

Menurut Yan, hari ini ada pertemuan lagi dengan pihak Pelindo di Kantor Komisi Nasional Hak Azasi Manusia. "Ya kita lihat nanti apa mereka serius dan konsisten," tandas dia.

 

Yan menjelaskan, selama ini pihak ahli waris tidak mengusulkan jumlah ganti rugi, namun lebih kepada adanya usaha pelestarian dan perbaikan fasilitas terhadap situs makam keramat Mbah Priok.

 

"Ini kebutuhan umat Islam, bukan ahli waris saja sebagai wadah untuk melakukan kegiatan keagamaan atau syiar Islam," tandas Yan.

 

Sekadar diketahui, dari hasil negosiasi diperoleh sembilan poin kesepakatan:

1. Makam Mbah Priok tetap di posisinya

2. Pendopo majelis, dan gapura akan berpindahposisinya, agar tidak mengganggu kegiatan pelabuhan,dan terminal berfungsi sesuai standar internasional.

3. Sisa tanah akan terus dibicarakan oleh kedua belah pihak.

4. Kasus bentrokan yang terjadi kemarin, akan ditindaksesuai hukum.

5. Perlunya keterlibatan tokoh mayarakat dan tokohagama dalam menyelesaikan persoalan.

6. Pelindo setuju membuat MoU dari hasil pembicaraanlebih lanjut dengan ahli waris.

7. Secara administrasi pihak Pelindo akan berkomunikasi dengan pihak ahli waris, dan dengan tembusan Komisi ADPRD.

 8. Pemerintahan provinsi dan pelindo akan memperhatikan orang-orang yang menjadi korban dalam bentrokan kemarin, dengan menanggung semua biaya hingga selesai termasuk berobat jalan.

9. Pembicaraan antara pihak Pelindo dengan ahli waris atau kuasa hukumnya, akan dilakukan secara langsung pada esok hari di kantor Komnas HAM, Jalan Latuharhari, Menteng, Jakarta Pusat.  

 

(ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini