Ada Makam Leluhur di Dekat Hotel JW Mariott

Cempaka Devirasari, Okezone · Jum'at 16 April 2010 13:43 WIB
https: img.okezone.com content 2010 04 16 338 323400 myhRqbzlvR.jpg Pintu masuk makam Mbah Priok

JAKARTA - Lain makam Haji Lun, lain pula makam KH Abdul Mughni Bin Haji Sanusi atau lebih dikenal dengan Guru Mughni. Bila makam Jilun sudah tidak berbentuk karena hampir rata dengan tanah, makam Guru Mughni masih kokoh berdiri.

Makam Guru Mughni letaknya sekira 500 meter dari hotel JW Marriott, persisnya di depan kantor Kedutaan Besar Pakistan,  Jalan Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Kondisi makam hingga kini terlihat terawat. Keramik dengan lantai berwarna dasar abu-abu masih terlihat cerah.

Guru Mughni merupakan tokoh betawi asli. Guru Mughni beserta lima ulama lainnya yakni K.H. Moh Mansur (Guru Mansur) dari Jembatan Lima, K.H Abdul Majid (Guru Majid) dari Pekojan, K.H. Ahmad Khalid (Guru Khalid) dari Gondangdia, K.H. Mahmud Romli (Guru Mahmud) dari Menteng Dalam, K.H Ahmad Marzuki (Guru Marzuki) dari Klender berperan aktif dalam masa perkembangan syiar Islam di akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20.

Gubernur DKI Jakarta Wiyogo Atmodarminto dulu mengeluarkan surat keputusan soal makam Guru Mughni yang masuk kategori cagar budaya. "Peziarah ramai datang tiap akhir pekan," kata juru bersih makam saat berbincang dengan okezone, Jumat (16/4/2010). (frd)

(hri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini