Polisi Belum Tetapkan Tersangka Rusuh Koja

Rizka Diputra, Okezone · Senin 17 Mei 2010 12:36 WIB
https: img.okezone.com content 2010 05 17 338 333320 tSQGMkUOCe.jpg Bentrokan Penertibam Makam Mbah Priok (Heru/Okezone)

JAKARTA - Kabid Humas Polda Metro Jaya Boy Rafli Amar mengungkapkan hingga saat ini belum ada penetapan tersangka dalam bentrokan berdarah di makam Mbah Priok.

Namun demikian dalam pemeriksaan, saksi terus bertambah terkait insiden kerusuhan yang menewaskan tiga orang petugas Satpol PP dan puluhan lainnya terluka. "Sampai saat ini masih penyelidikan. Kita terus memeriksa saksi-saksi namun belum ada tersangkanya," terang Boy.

Dia menjelaskan, dalam pemeriksaan ini pihaknya tidak meminta keterangan dari organissasi massa. "Tetapi hanya fokus pada pemeriksaan terhadap perorangan atau idividu," tandasnya.

Menurutnya, polisi menyelidiki siapa yang melakukan atau pelaku kekerasan dalam bentrokan antara pendukung ahli waris Mbah Priok dengan Satpol PP. "Nanti setelah diperiksa pasti akan terlihat peranan masing-masing," imbuh Boy.

Sementara itu tim penyelidikan peristiwa Tanjung Priok bentukan Komnas HAM telah mengeluarkan sejumlah rekomendasi. Salah satunya mendesak DPRD DKI Jakarta untuk mengevaluasi dan meminta pertanggungjawaban Gubernur DKI atas pelaksanaan penertiban di makam Mbah Priok.

Terkait rekomendasi Komnas HAM, Boy menyatakan pihaknya belum mengarah pada pemeriksaan Gubernur DKI. "Kalau polisi masih menyelidiki tindak kekerasannya," jelas dia.

(ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini