Oh...Ternyata Mbah Priok Meninggal 83 Tahun Lalu

Taufik Hidayat, Okezone · Rabu 19 Mei 2010 16:27 WIB
https: img.okezone.com content 2010 05 19 338 334309 JGgFJkceEk.jpg Bentrokan Koja, Jakarta (Foto: Heru Haryono/Okezone)

JAKARTA - Penyebar agama Islam Habib Hasan bin Muhammad Al-Haddad ternyata tercatat meniggal dunia pada 1927 atau 83 tahun lalu. Sebelumnya, muncul kontroversi soal tahun kepastian meninggalnya Habib yang dikenal dengan nama Mbah Priok.

Hal ini diketahui ketika tim investigas Palang Merah Indonesia (PMI) terkait bentrokan Koja, Tanjung Priok bertemu dengan pimpinan Robiatul Alawiyah di kantor PMI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (19/5/2010).

Ketua Robiatul Alawiyah, Zein Umar Bin Smaith mengatakan Mbah Priok meninggal pada tahun 1927 bukan tahun 1754. "Mereka meluruskan sejarah tentang makam Mbah Priok yang meninggal 256 tahun lalu. Kemudian pengurus diberi info tentang ketidakakuratan data itu," kata Ketua PMI Pusat Jusuf Kalla kepada wartawan.

Menurut dia, dalam catatan Robiatul Alawiyah, Mbah Priok adalah cucu dari Hamid Al Haddad yang tutup usia pada tahun 1814. "Informasi ini yang perlu diluruskan," kata Zein Umar.

Seperti diketahui, bentrokan Koja, terjadi karena ahli waris dan warga sekitar mendapat kabar penggusuran makam itu untuk dijadikan sarana pendukung PT Pelindo II. Bentrokan 14 April lalu itu menewaskan tiga anggota Satpol PP. Sementara puluhan orang baik dari warga, Satpol PP, polisi termasuk wartawan terluka. (frd)

(hri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini