Tak Cuma Macet, Defisit Air Momok Kota Jakarta

Andina Meryani, Okezone · Sabtu 31 Juli 2010 15:21 WIB
https: img.okezone.com content 2010 07 31 338 358412 r75ZQpL7wF.jpg Peta DKI Jakarta.

BANTEN - Kemacetan bukan hanya ancaman terberat yang dihadapi Jakarta. Masalah defisit air juga menjadi momok yang menakutkan bagi warga kota Jakarta.

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto bahkan mengatakan bahwa Jakarta saat ini sedang dalam proses tenggelam. Hal ini disebabkan karena saat ini pengambilan air tanah di Jakarta sudah terlalu berlebihan sehingga air bersih layak minum sudah semakin berkurang yang akhirnya membuat air laut semakin naik.

"Jakarta ini kotanya sedang dalam proses tenggelam. Ini karena pengambilan air tanah terlalu berlebihan, maka defisit air di Jakarta akan terjadi," ujarnya saat Implementasi Infrastruktur: Indonesia Siap Bersaing, di Hotel Mambruk, Banten, Sabtu (31/7/2010).

Selain masalah defisit air yang akan menyebabkan Jakarta tenggelam, masalah polusi tanah dan udara juga bukan hal yang aneh dihadapi oleh warga ibu kota. Hal inilah yang juga menjadi ancaman serius bagi kesehatan.

"Polusi tanah dan udara juga membuat kesehatan menurun. Oleh karena itu, kita harus terus melakukan 3R, Reduce, Reuse, dan Recycle," tandasnya.

(hri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini