Share

Enam Situ di Depok Kondisinya Kritis

Marieska Harya Virdhani, Okezone · Selasa 28 September 2010 23:01 WIB
https: img.okezone.com content 2010 09 28 338 376976 P5FMW1XCfX.jpg Ilustrasi. Situasi di Situ Patengan Kabupaten Bandung. (Foto: Koran SI)

DEPOK - Pemerintah Kota Depok mengakui sejumlah situ di Depok dalam kondisi kritis. Sedikitnya terdapat enam situ yang saat ini menjadi perhatian pemerintah kota karena rawan jebol.

Hal itu disampaikan Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail yang menjelaskan keenam situ tersebut akan semakin parah dalam jangka panjang jika tidak diperbaiki. Karena itu, kata dia, pihaknya sudah mengajukan usulan anggaran kepada pemerintah pusat maupun pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Kalau bicara situ, ada enam yang tanggulnya rawan jebol secara long term, dan memang semuanya sudah dipadati penduduk," ujarnya kepada wartawan di Balaikota Depok, Selasa (28/09/10).

Sementara itu Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Yayan Arianto mengatakan keenam situ tersebut yakni Situ Bojongsari, Situ Pengarengan, Situ Gadog, Situ Cilangkap, Situ Rawa Kalong, Situ Sido Mukti. Seluruhnya, kata Yayan, perlu diturap dan normalisasi.

"Harus segera dinormalisasi, karena itu kami harap setelah diajukan, akan diperbaiki tahun depan," kata Yayan.

Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air saat ini tengah melakukan proses lelang untuk memperbaiki Situ Tipar dan Situ Pedongkelan. Situ tersebut merupakan perbatasan dengan ibukota Jakarta dan anggaran perbaikan pun berasal dari bantuan Pemprov DKI Jakarta senilai Rp3 miliar.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini