BKKBN: Separuh Remaja di Jabodetabek Tak Perawan

K. Yudha Wirakusuma, Okezone · Senin 29 November 2010 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2010 11 29 338 398238 gJJExDGV5v.png Ilustrasi

JAKARTA -  Tingkat kenakalan remaja di Ibu Kota dan sekitarnya semakin mengkhawatirkan. Namun hal tersebut bukan permasalahan tentang perkelahian yang sudah menjadi masalah klasik dari tahun ketahun.

Ini lebih memprihatinkan lantaran menyangkut penyimpangan seks berisiko. Menurut data Badan dan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pada 2010, tercatat lebih dari setengah remaja telah melakukan hubungan layaknya suami istri.

"Pada saat ini para remaja dihadapkan pada masalah besar yang berkaitan dengan penularan HIV dan AIDS, karena tiga permasalahan. Salah satunya yaitu meningkatnya seks pranikah 51 persen untuk kawasan Jabodetabek," Kata Kasubid Kesehatan Seksual BKKBN Wahyuni saat berbincang dengan okezone di kantornya, Senin (29/11/2010).

Fenomena ini terjadi karena akses negatif atau pornografi terbilang cukup mudah di zaman teknologi ini. Hal tersebut linier dengan mengikisnya moral di kalangan remaja.

"Mungkin sekarang ini sudah tren, pengin hidup mewah gampang dapet duit, atau yang pacaran pengin coba-coba tapi tidak tahu dampaknya," papar Wahyuni.

Lokasi yang kerap dijadikan remaja untuk melakukan seks di luar nikah umumnya di tempat yang jauh dari pengawasan orangtua. "Di tempat kos, atau saat orangtuanya pergi," ujarnya.

(ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini