Penasaran, Awal Remaja Terjerumus Seks Bebas

K. Yudha Wirakusuma, Okezone · Senin 29 November 2010 17:17 WIB
https: img.okezone.com content 2010 11 29 338 398286 jJNVssd0qd.jpg Ilustrasi (Ist)

JAKARTA - Perilaku penyimpangan seksualitas terhadap remaja di usia 15-24 tahun kebanyakan dilandasi oleh rasa penasaran. Hal tersebut berdasarkan data Survei Kesehatan Reproduksi Remaja Indonesia tahun 2007.

"Kepada responden ditanyakan tentang alasan melakukan hubungan seksual pranikah yang pertama kali. Rasa ingin tahu merupakan alasan melakukan hubungan seksual (45 persen)," kata Kepala Bidang Evaluasi Hasil Penelitian KB dan Kesehatan Yogi Priyugiarto saat berbincang dengan okezone, di Kantor BKKBN Jalan Permata 1 Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (29/11/2010).

Dia menjelaskan, proporsi pria yang mengatakan alasan tersebut lebih banyak dari pada wanita yakni 51 persen berbanding 7. "Alasan berikutnya disebutkan responden adalah terjadi begitu saja, ada 38 persen pria dan 26 persen wanita," imbuhnya.

Lebih lanjut Yogi menambahkan, hanya 7 persen wanita yang mengaku memiliki alasan akan segera dinikahi pasangannya. "Kalau pria hanya 2 persen yang mengaku dengan alasan akan menikah," paparnya.

Menurut dia, 5 persen lainnya beralasan karena ada tekanan dari teman sebayanya untuk melakukan hubungan seksual. "Sisanya karena tekanan dari teman," ungkapnya.

(ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini