Proyek Antibanjir sebabkan Jalan Amblas 30 Meter

Koran SI, Koran SI · Rabu 15 Desember 2010 10:55 WIB
https: img.okezone.com content 2010 12 15 338 403540 vufL073Hsi.jpg Jalan amblas (Foto: Ist)

JAKARTA - Pengerjaan proyek penanggulangan banjir di Ibu Kota ternyata tidak serius. Buktinya, talut (lereng kali) ambles akibat proyek penanggulangan banjir di Kali Siantar, Kelurahan Cideng, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Bahkan, Jalan Petojo VIJ I yang membentang di pinggir kali pun ikut ambles sepanjang 30 meter. Padahal, pengerjaan proyek itu baru dilakukan sekira tiga bulan lalu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta Ery Basworo mengatakan, amblesnya talut Kali Siantar akibat ketidakseragaman kondisi tanah di lokasi tersebut. Ketika kondisi tanah tidak sama, ada yang keras dan ada yang lembek berpengaruh terhadap penurunan tanah.

“Saya kira itu penyebabnya.Tapi, masih dalam penelitian. Bagian yang retak diisi dengan tanah yang baik. Setelah itu, diganti. Bisa dengan sheet pile atau ground angker,” ungkap Ery di Jakarta,kemarin.

Untuk sementara, pihaknya mengembalikan urukan tanah yang tercecer. Setelah itu mengembalikan tanah kerukan untuk menahan. Perbaikan awal dilakukan secara temporer, setelah mendapat izin warga RT 02/06,Kelurahan Cideng.

Sementara perbaikan permanen akan dilakukan oleh kontraktor setelah diketahui secara pasti penyebab amblesnya talut tersebut.

“Perbaikan Kali Cideng merupakan satu rangkaian perbaikan dengan crossing Jalan MH Thamrin yang saat ini masih terus dikerjakan. Di Kali Cideng sendiri sedang ada pekerjaan penurapan dan pengerukan hingga menuju rumah pompa Kali Siantar,” ungkap Ery.

Selain itu, Dinas PU juga sudah menyiapkan saringan untuk menarik air dari Thamrin masuk ke Cideng. Dalam pengerjaan penurapan Kali Cideng, juga dilakukan pengerjaan long storage Kali Siantar untuk menambah volume daya tampung air.

Panjang Kali Siantar mulai dari tikungan Kali Cideng hingga ke Rumah Pompa Siantar sekira 350 meter. Sedangkan panjang talut yang ambles sepanjang 30 meter di depan Jalan Petojo VIJ I.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini