Jalan Petojo Ambles, Warga Dijanjikan Dapat Ganti

Sugito Halim, Okezone · Rabu 15 Desember 2010 14:26 WIB
https: img.okezone.com content 2010 12 15 338 403672 nPEO3dmvm2.jpg Ilustrasi proyek penanggulangan banjir (Foto: tataruangindonesia)

JAKARTA- Proyek penanggulangan banjir di Ibu Kota Jakarta dari kali Siantar sampai kali Cideng menyebabkan Jalan Petojo VI, yang membentang di pinggir kali, ambles sepanjang 30 meter. Selain itu, rumah warga sekitar pun rusak akibat proyek tersebut.

Terhitung, sekira 20 rumah mengalami tembok retak dan lantainya rusak, akibat pemasangan tiang pancang di sepanjang kali tersebut.

 

Menurut Suratno, Ketua Rt02/06, kelurahan Cideng, semula warga setempat tutup mulut ketika mengalami kerusakan. Namun, lama kelamaan karena merasa dirugikan, warga minta diperbaiki.

 

“Kejadian jalan ambles menjadi musibah sekaligus harapan bagi warga. Karena setelah ada kejadian ini baru ada kejelasan terkait perbaikan kerusakan rumah warga,” ucapnya saat di temui warga di tempat kejadian, Rabu (15/12/2010).

 

Suratno menambahkan, pada Selasa 14 Desember kemarin sudah ada pertemuan antara pihak kelurahan, kecamatan, wali kota, Dinas PU, pihak kontraktor dengan warga setempat.

 

“Pertemuan tersebut untuk membicarakan masalah ganti rugi,” ucapnya.

 

Dari hasil pertemuan tersebut disepakati, pihak kontaktor harus memperbaiki jalan sampai dan memperbaiki kerusakan rumah warga. Ada dua jalan terkait perbaikan ini.

 

Pertama, pihak kontaktor membayar total kerugian yang dialami warga. Kedua, pihak kontraktor memperbaiki kerusakan dengan menyediakan bahan bangunan dan membayar tukang yang disediakan warga untuk memperbaiki.

 

Sampai saat ini total biaya perbaikan belum diketahui. Rencananya, besok Dinas PU mengadakan survei kerusakan untuk mengetahui taksiran biaya yang dibutuhkan.

 

“Kemarin kepala Dinas PU sudah menjelaskan kepada warga. Sebenarnya sudah ada jaminan 5 persen dari nilai proyek untuk biaya perbaikan rumah warga, jauh sebelum kejadian ini terjadi,” tutupnya. (kyw)

(lsi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini