nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pembelian Mobil Mewah DPRD DKI Batal

Tri Kurniawan, Jurnalis · Selasa 25 Januari 2011 16:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2011 01 25 338 417812 y7Tk4EGeOG.jpg Ilustrasi (Foto:okz)

JAKARTA- Kementerian Dalam Negeri membatalkan rencana pembelian mobil mewah jenis Jeep Lexus yang diajukan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta beberapa waktu lalu. Pembatalan itu karena dinilai kurang bermanfaat dan menyalahi aturan.

Pengajuan anggaran senilai Rp2,5 miliar untuk pembelian mobil  yang rencananya untuk tamu VIP DPRD DKI tersebut sudah dicoret dari daftar Anggaran Pengeluaran Belanja Daerah (APBD) tahun 2011.

Menurut Kepala Badan Pemeriksa Keuangan Daerah (BPKD) Sukri Bey rencana pengadaan mobil Lexus sejak awal sudah menyalahi aturan. Sesuai dengan SK Gubernur hanya BPKD yang boleh mengajukan pengadaan kendaraan dinas operasional. sedangkan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lain tidak boleh mengajukan hal tersebut.

“Dari segi prosedur sudah tidak tepat, sehingga wajib dihapuskan, karena Sekretaris Dewan yang mengajukan jadi tidak boleh,” tegasnya di Komplek Balai Kota, DKI Jakarta, Selasa (25/1/2011).

Menurut Sukri keputusan Kemendagri membatalkan pembelian mobil tersebut harus diterima, jika tidak Kemendagri bisa memutus secara sepihak. “Mereka wajib menyetujui untuk dihapus,” tegasnya.

Menurutnya jika anggota dewan membutuhkan kendaraan operasional untuk tamu VIP dapat menggunakan mobil "enjoy jakarta", sampai saat ini, lanjutnya DPRD DKI dapat menerima keputusan pembatalan tersebut.

Pada saat yang sama Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan hal-hal yang tidak terkait kepentingan umum harus ditunda.

“Yang tidak perlu saat ini untuk diadakan dan tidak langsung ada kepentingannya dengan kepentingan umum, kita tunda,” ujar pria yang biasa disapa Foke itu.

(crl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini