Baru Ada 1 CCTV, Mulai April Tilang Elektronik Berlaku

Tri Kurniawan, Okezone · Senin 28 Maret 2011 13:29 WIB
https: img.okezone.com content 2011 03 28 338 439616 5HICyp7CAl.jpg Dokumentasi Okezone

JAKARTA - Polda Metro Jaya akan memulai sistem tilang elektronik per awal April 2011. Tilang elektronik diyakini akan mampu meningkatkan penegakan hukum bagi pelanggar lalu lintas.

Hal itu dikatakan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Royke Lumowa usai menghadiri upacara pembukaan Operasi Simpatik Jaya di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (28/3/2011).

"Saya rasa kalau besok diberlakukan sudah bisa, tapi biar sepakat kita mulai awal April saja," kata Royke.

Namun saat ini alat berupa Circuit Camera Television (CCTV) yang bisa memfoto plat nomor polisi pelanggar lalu lintas baru ada satu yakni di atas pos polisi Sarinah. Hal ini nampaknya masih menjadi kendala. Royke barharap kedepan pemerintah bisa mengucurkan anggaran untuk memperbanyak CCTV.

Dia menargetkan ada 300 sampai 400 CCTV yang tersebar di seluruh jalan Ibukota. "Tapi itu kan masalah anggaran ya. Kalau anggarannya ada tentunya bisa, semakin banyak lokasinya itu semakin baik," tegasnya.

Apa manfaat tilang elektronik? "Pertama untuk mengatasi kekurangan personil polisi, karena tidak bisa cover seluruh wilayah, kedua paling tidak mengurangi kontak langsung dengan petugas di lapangan, karena nanti lewat semua online," paparnya.

Dia menyadari kesadaran masyarakat untuk berlaku disiplin di jalan masih sangat kecil. Masyarakat kadang masih taat peraturan jika melihat ada polisi. Bagi Royke ini bukan masalah untuk awal masyarakat memang tidak sadar jika di lokasi tertentu sudah dipasang CCTV.

"Untuk awal tentu sulit, kalau perlu nanti kita buat tulisan "awas ada kamera pemantau" kalau hanya tertib di situ tidak masalah dari pada tidak tertib semua," katanya. (teb)

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini