Hore... Rumah Kumuh di Jakarta Akan Direhab Gratis

TB Ardi Januar, Okezone · Rabu 30 Maret 2011 15:22 WIB
https: img.okezone.com content 2011 03 30 338 440547 Q0KV51FCUH.jpg blogspot (ilustrasi)

JAKARTA – Kabar baru datang untuk warga miskin di Jakarta. Sebanyak 200 unit rumah tak layak huni di Kelurahan Cilincing, Jakarta Utara, tahun ini akan direhab secara bertahap oleh Pemerintah Kota Jakarta Utara.

 

Berdasarkan informasi dari situs resmi Pemprov DKI Jakarta, beritajakarta.com, Rabu (30/3/2011), program rehabilitasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Rencananya, program rehabilitasi rumah ini akan diresmikan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo pada Jumat 1 April mendatang.

 

Untuk tahap awal, sebanyak 42 unit rumah akan direhab. Rumah yang tak layak tersebut akan dibangun menjadi tipe 36 yang dilengkapi dua kamar tidur, satu dapur, satu kamar mandi, serta ventilasi udara. Setiap rumah yang direhab mendapatkan bantuan antara Rp40-50 juta.

 

"Cilincing merupakan salah satu RW kumuh di Jakarta Utara. Namun masih ada beberapa RW kumuh lainnya yang menjadi sasaran bedah rumah selanjutnya," ujar Walikota Jakarta Utara Bambang Sugiyono.

 

Dia menambahkan, rumah yang berhak mendapatkan rehab gratis itu ditinjau dari beberapa kriteria. "Yang jelas setelah direhab, selama 10 tahun rumah tersebut tidak boleh dijual," ungkapnya.

 

Program rehabilitasi rumah yang dilakukan Pemkot Jakarta Utara ini adalah salah satu upaya untuk meminimalisir rukun warga (RW) di wilayah tersebut. Pasalnya, dari 431 RW, 70 di antaranya tergolong kumuh.

(teb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini