Polisi Tolak Visum Ulang Irzen Octa

Bagus Santosa, Okezone · Kamis 14 April 2011 15:29 WIB
https: img.okezone.com content 2011 04 14 338 446025 gOoxSBrlPj.jpg

JAKARTA- Kuasa hukum Irzen Octa, OC Kaligis meminta visum ulang terkait kasus kematian Sekjen Partai Pemersatu Bangsa (PPB) tersebut. Namun, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Sutarman menyatakan menolak untuk melakukan visum ulang, pasalnya hasil visum merupakan kepentingan penyidikan bukan keluarga.

"Visum itu untuk kepentingan penyidikan bukan keluarga," ujar Sutarman di Parkir Timur, Senayan, Kamis (14/4/2011).

Yang jelas, penolakan yang dilakukan pihak keluarga Octa bukan berdasarkan hasil dari penyidik pasalnya publikasi soal visum tak pernah dilakukan oleh penyidik karena itu adalah untuk projusticia.

"Salinan berkas itu boleh diajukan oleh penasehat hukumnya atau kita, kita tak pernah publikasikan soal visum itu untuk pro justicia kita," ujar Sutarman.

Ditegaskan Sutarman, hasil visum ganda yang diperoleh keluarga Irzen Octa kemungkinan berasal dari dokter. "Penyidik tdak pernah berikan hasil otopsi kepada pihak manapun, itu dapat dari mana saya tidak tahu," ujar Sutarman.

"Itu kan dokter yang berikan bukan dari saya, dokter dari mana itu, bukan dari penyidik," tandas Sutarman.

Dengan adanya hasil otopsi ganda tersebuti, maka penyidik akan tetap bertahan pada hasil otopsi yang dilakukan dokter resmi. "Penyidik akan berpedoman kepada penyerahan dari dokter resmi kepada kita," ucapnya.

Sebelumnya, Octa tewas di Menara Jamsostek, Gatot Subroto, Jakarta. Octa tewas diduga dibunuh oleh debt collector Citibank karena menunggak kredit. Setelah diotopsi, ternyata hasilnya muncul dua visum dalam jam yang sama. Pihak keluarga pun menolak hasil otopsi itu dan meminta dokter yang melakukan otopsi diganti.

(ugo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini