Polda Metro Petakan Wilayah Rawan Gerakan NII

Awaludin, Okezone · Rabu 27 April 2011 15:43 WIB
https: img.okezone.com content 2011 04 27 338 450579 6bgMi6pzoI.jpg ILustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Gerakan Negara Islam Indonesia (NII) hingga kini masih hidup, bahkan semakin giat memobilisasi dan merekrut kader. Agar jumlah korban tidak terus bertambah, kepolisian melakukan pemetaan daerah-daerah rawan aksi NII.

"Kami sudah mapping saja di Klender, Tangerang, dan Bekasi. Intel hanya pantau di lapangan,” ujar Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sujarno, Rabu (27/4/2011)

NII, sambung dia, melakukan aktivitas organisasi dan rekruitmen secara berkala. "NII bergerak di rumah biasa, tidak menggunakan sarana ibadah untuk melakukan perekrutan," ucap Sujarno.

Sampai saat ini kepolisian masih belum tahu apa modus di balik aksi penculikan dan pencucian otak yang marak terjadi akhir-akhir ini. Dalam kaitan ini kepolisian meminta agar masyarakat melapor apabila menjadi korban atau mengetahui pergerakan NII.

"Kami belum tahu hasilnya, penipuan apa bukan. Kami tanpa ada laporan dari masyarakat tidak bisa bekerja maksimal,” ujar Sumarno.

Isu gerakan NII pernah santer terdengar pada 1991 lalu. Sayangnya, isu tersebut tenggelam dan nyaris tidak terdengar lagi sepak terjangnya dan berganti isu teroris.(ful)

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini