Sosialisasi RPP Tembakau Diwarnai Aksi Walk Out

Ray Jordan, Okezone · Selasa 10 Mei 2011 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2011 05 10 338 455379 F1mX4jmEjC.jpg Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Aksi walk out terjadi pada saat sosialisasi rancangan peraturan pemerintah (RPP) pengamanan bahan yang mengandung zat adiktif berupa produk tembakau bagi kesehatan di auditorium Siwabessy, Gedung Kementerian Kesehatan.

Aksi ini dilakukan oleh Agus Setiawan, Kepala Desa Campurejo, Kecamatan Tretep, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Dia menegaskan tidak setuju dengan RRP yang dikeluarkan oleh Kemenkes.

"Kami menolak keseluruhannya. Sedikit orang merokok, otomotis kami semakin terancam. Kami berpikir sederhana saja. Mohon dipahami, daerah kami memang spesialis penghasil tembakau," ujar Agus kepada wartawan di Jakarta, Selasa (10/5/2011).

Pria yang juga menjabat Sekretaris Asosasi Petani Tembakau Indonesia ini merasa pemerintah tidak memperhatikan nasib para petani tembakau dan menyayangkan sikap pemerintah yang terkesan tidak berpihak kepada petani.

"Seakan kemerdekaan kami sangat dibatasi di negeri ini. Jangan salahkan kami jika berbuat macam-macam, karena perut kami yang terancam,” ancam Agus.

Namun, aksi walk out Agus ini tidak diikuti oleh peserta lain, dan acara tetap berlangsung.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini