Ngotot Naik Atap, PT KA Ancam Batalkan Perjalanan KRL

Rizka Diputra, Okezone · Jum'at 13 Mei 2011 13:10 WIB
https: img.okezone.com content 2011 05 13 338 456718 UOyAVmPLUS.jpg

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) mengancam akan membatalkan semua perjalanan penumpang apabila tetap berperilaku indisipliner dengan menaiki atap KRL.

Langkah ini diambil sebagai tindaklanjut terhadap razia semprotan yang mendapat perlawanan dari penumpang yang berujung pada pelemparan batu di stasiun Manggarai pagi tadi.

"Kalau masih tetap membandel juga ya terpaksa kita batalkan perjalanannya karena ini akan membahayakan keselamatan penumpang lainnya," kata Kepala Divisi Humas Daops I PT KAI Mateta Rizalulhaq saat berbincang dengan okezone, Jumat (13/5/2011).

Mateta menjelaskan, pembatalan itu dilakukan hingga kondisi sudah benar-benar kondusif dengan mengutamakan keselamatan penumpang. Regulasi tersebut mengacu pada pasal 136 ayat 2 UU Nomor 23 tahun 2007 tentang perkeretaapian.

Isi pasal tersebut mengatur penyelenggara Sarana Perkeretaapian dalam keadaan tertentu dapat membatalkan perjalanan kereta api apabila terdapat hal-hal yang dapat membahayakan keselamatan, ketertiban, dan kepentingan umum.

"Sudah banyak insiden terjadi seperti kesetrum listrik, jatuh dari atap dan sebagainya. Intinya kami utamakan keselamatan, agar kecelakaan seperti itu tidak lagi terjadi," tukasnya. (put)

(hri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini