nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siswa SMA Lulus UN, Kondom Laku Keras

Ray Jordan-Fitriah , Jurnalis · Rabu 18 Mei 2011 15:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 05 18 338 458345 UcZHKN832Y.jpg wordpress (ilustrasi)

JAKARTA – Siswa kelas tiga SMA saat ini tengah bergembira menyusul telah diumumkannya hasil ujian nasional. Sederet acara pun dilakukan para siswa, baik secara positif hingga yang mengarah ke hal-hal negatif.

 

Namun, ada fenomena lain dibalik berita kelulusan para tunas bangsa tersebut. Dimana, penjualan alat kontrasepsi jenis kondom meningkat tajam di pasaran. Ironisnya, beberapa pembelinya adalah siswa SMA.

 

Berdasarkan penelusuran okezone ke sejumlah apotik dan minimarket di beberapa kawasan Jakarta, penjualan kondom memang lebih laris dari biasanya. Hal ini terjadi pada pekan ini dimana bertepatan dengan berita kelulusan siswa SMA.

 

“Memang pembelinya meningkat. Bahkan, banyak pembeli yang masih pelajar SMA. Mungkin mereka baru lulus sekolah,” ujar seorang penjaga apotik di kawasan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat, yang enggan disebutkan namanya.

 

Hal senada diakui seorang karyawati minimarket di bilangan Sawah Besar. “Iya banyak ABG yang beli (kondom),” katanya sambil malu-malu dan menghindari percakapan.

 

Menanggapi fenomena ini, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi mengatakan, tindakan melenceng para siswa tersebut sangat tidak edukatif karena tidak pernah diajarkan pihak sekolah. Karena itu, jika siswa kedapatan melakukan pesta seks bebas, pihaknya akan mendatangi sekolah yang bersangkutan.

 

“Pihak sekolah nanti bisa melaporkan kepada orangtua-nya. Karena ini juga sudah menjadi tanggungjawab orangtua. Dan bisa juga memberitahukan ke pihak keamanan karena itu merupakan ketertiban lingkungan,” tukasnya saat dikonfirmasi.

(teb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini