Waspada, 6 Jam Lagi Jaksel & Jaktim Dikirim Air

Marieska Harya Virdhani, Okezone · Jum'at 20 Mei 2011 21:28 WIB
https: img.okezone.com content 2011 05 20 338 459366 zfRqO256PD.jpg Ilustrasi banjir di Surabaya, Jatim. (Foto: Koran SI)

DEPOK - Wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur yang berada di dekat sungai Ciliwung akan mendapat kiriman air dari Depok. Hal itu disebabkan hujan deras yang menyebabkan air sungai Kalibaru, Depok meluap.

 

Menurut petugas pos pemantau Sungai Ciliwung, Depok, Ardi saat ini air di pintu air mencapai 200 cm melebihi batas normal 150 cm. Kondisi itu sudah memasuki siaga empat.

 

"Saat ini ukuran air tertinggi mencapai 200 cm, hal itu melebihi normal yang hanya 150 cm. Ini sudah memasuki siaga 4. Ini murni banjir kiriman dari Depok karena hujan. Diprediksi Jakarta 6 jam kedepam Jakarta bagian Selatan dan Timur dapat kiriman air," katanya kepada okezone, Jumat (20/5/2011)

 

Sementara itu pintu air Katulampa, Bogor terpantau normal.

 

Diperkirakan, sekira enam jam air dari Depok akan menuju wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Beberapa wilayah yang diprediksi akan menerima air kiriman yakni, kampung Melayu, Tebet, Kalibata, Pengadegan, Manggarai.

 

Seperti diberitakan, Hujan disertai angin kencang yang melanda wilayah Depok sejak pukul 16.00 hingga pukul 20.00 WIB menyebabkan air sungai Kalibaru meluap. Hingga kini air sungai masih menggenangi jalan Raya Citayam, Depok, dan merendam rumah warga yang berada sekitar sungai.

 

Arus sungai yang deras menghanyutkan warung dan merobohkan sejumlah jembatan yang terbuat dari kayu. Peristiwa itu menjadi tontonan warga yang menyaksikannya melalui jembatan.

 

Banjir juga menyebabkan arus lalu-lintas di Depok macet. Kemacetan terjadi dari terminal Depok hingga stasiun kereta api sekira lima kilometer.

(opx)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini