nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masuk Kamar Isolasi, Dinkes Depok Belum Jenguk MR

Marieska Harya Virdhani, Jurnalis · Minggu 17 Juli 2011 17:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2011 07 17 338 480809 HPLXWEhTvX.jpg

DEPOK – Balita malang berinisial MR (4) hanya bisa terbaring lemah di ruang isolasi RS Fatmawati, Jakarta Selatan sejak hari Jumat lalu. MR harus berjuang melawan virus HIV yang kembali menyerang daya tahan tubuhnya sejak satu pekan terakhir.

Namun tiga hari dirawat dan dalam keadaan kritis di RS, anehnya tak ada satupun pihak berwenang dari Dinas Kesehatan Kota Depok yang menjenguk MR. Pemerintah Kota memang sudah membantu dalam proses administrasi kepengurusan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) pengobatan secara gratis.

Namun ibunda MR, Zubaidah yang juga tertular virus HIV menginginkan adanya dukungan moral dan perhatian dari instansi terkait. Selama buah hatinya dirawat, tak ada satupun yang datang ke RS melihat sebentar kondisi MR.

“Tidak ada yang datang dari Jumat lalu, Dinkes juga enggak datang, hanya ada orang kelurahan katanya ke rumah, itu juga hanya bertanya kepada keluarga di rumah soal kondisi MR. Tak ada yang datang ke RS, maunya sih ada perhatian dari siapa saja yang ikut menjenguk MR,” katanya kepada Okezone, Minggu (17/7/2011).

Sebab, Zubaidah mengaku kebingungan menghadapi penyakit anaknya seorang diri di RS. Kondisi MR saat ini masih panas tinggi dan tak mau membuka matanya.

“Mungkin karena menahan rasa sakit, anak saya merem terus matanya tak mau dibuka. Susu sih masih diminum, tapi tidur terus. Panas tinggi badannya belum ada perubahan. Saya juga bingung sendirian butuh dukungan, sudah enggak kepikiran buat makan,” tuturnya.

Sebelumnya Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Depok Ani Rubiani mengatakan sudah berkoordinasi dengan pihak puskesmas. Mereka berencana Sabtu kemarin ke rumah MR, dan hendak menuju RS Fatmawati. “Kami sudah koordinasi dengan puskesmas, pertama mau ke lapangan, lalu ke RS,” kata Ani kepada Okezone, kemarin.

Namun nyatanya hingga kini belum ada satupun pihak Dinkes yang datang menjenguk MR. MR tertular virus HIV sejak dia berada dalam kandungan Zubaidah. Virus itu ditularkan oleh ayahnya, seorang pecandu narkoba suntik yang sudah meninggal sejak 2009.

(ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini