Share

PN Tangerang Gelar Sidang Perdana PK Prita Mulyasari

Hasan Kurniawan, Okezone · Kamis 18 Agustus 2011 08:08 WIB
https: img.okezone.com content 2011 08 18 338 493243 anTPZ7gu0K.jpg Foto: Carolina Christina/okezone

TANGERANG- Pengadilan Negeri Tangerang akan menggelar sidang perdana Peninjauan Kembali (PK) untuk kasus pencemaran nama baik Rumah sakit Omni Internasional dengan terdakwa Prita Mulyasari.

Sidang dimulai sekira pukul 10.00 WIB. Dalam sidang itu, Prita akan hadir didampingi pengacara dari Kantor OC Kaligis dan Associates.

"Sidang perdana terhadap permohonan Peninjauan Kembali (PK) atas putusan kasasi pidana perkara Prita Mulyasari, digelar hari ini," ujar tim pengacara Prita, Slamet Yuono, melalui pesan singkat, Kamis (18/8/2011).

Ditambahkan, memori PK Prita diajukan ke PN Tangerang, pada Senin, 1 Agustus 2011 dengan nomor 6PK/PID/2011PN.TNG. Memori PK diserahkan langsung oleh Prita dan kuasa hukumnya, ke perwakilan Panitera PN Tangerang, Ratu Hera.

"Salah satu alasan kami mengajukan PK adalah adanya pertentangan putusan perdata dengan pidana pada sidang Prita di PN Tangerang dan MA," terangnya.

Pada sidang perdata, Hakim Ketua PN Tangerang, saat itu Haripin Tumpa menyampaikan, apa yang disampaikan Prita adalah keluhan dan bukan penghinaan. Serta bukan perbuatan yang melawan hukun dan sejalan dengan UUD. Dalam sidang itu, Prita dinyatakan bebas tidak bersalah.

Namun, dalam perkara pidananya, Prita dinyatakan bersalah karena melakukan pencemaran nama baik. Prita dijerat Pasal 27 ayat 3 tentang pencemaran nama baik melalui sarana elektronik. Alasan lain, pengajuan PK adanya kekhilafan hakim. Sesuai Pasal 244 KUHP, terhadap putusan bebas tidak bisa dikasasi.

"Ada ketidakkonsistenan dari MA. MA telah membuat dua produk yang saling bertentangan antara putusan Pidana dan Perdata," ungkapnya.

(crl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini