nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kawasan Ciawi Diklaim Masih Steril dari Kawin Kontrak

Awaludin, Jurnalis · Kamis 03 November 2011 08:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2011 11 03 338 524180 fcEXVqf83S.jpg Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

BOGOR - Daerah Bogor, Jawa Barat, selain dikenal berhawa sejuk dengan keindahan alamnya, juga menyimpan sejumlah fenomena seperti munculnya Komunitas Kawin Kontrak.

 

Bahkan ada beberapa turis yang juga tergabung galam komunitas kawin kontrak. Namun khusus untuk wilayah Ciawi, fenomena kawin kontrak belum ada. Hal ini dikatakan Ketua Pusat Informasi Konseling Remaja (Pik KRR), Erfan (24). Menurutnya Ciawi adalah jalan lintasan saja bagi para pelancong.

 

"Sejauh ini untuk Kabupaten Ciawi belum pernah mendapatkan kasus seperti itu," ucapnya kepada wartawan di Rumah Jambuluwuk, Tapos, Ciawi, Jawa Barat, Kamis (3/11/2011).

 

Menurut Erfan, dirinya bersama kelompok Pik KRR sudah melakukan sosialisasi terhadap masyarakat khususnya para remaja di Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. "Pencegahannya dengan cara bersosialisasi dan menekankan tentang keagamaan kepada mereka," tambahnya.

 

Peran yang lebih penting, lanjut Erfan, adalah para orangtua dan tokoh agama setempat yang juga bisa bersosialisasi terhadap masyarakat sekitar. "Pendekatan ke tokoh agama dan orangtua remaja, secara media bercerita tentang kesehatan reproduksi," tandasnya.

 

Perlu diketahui, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa resmi tentang kawin kontrak. Para ulama yang membahas permasalahan tersebut sepakat menghukumi kawin kontrak haram.

 

Dan MUI kurang sepakat dengan penggunaan kawin kontrak, mereka lebih suka menyebut dengan istilah nikah wisata, yaitu pernikahan yang dilakukan antara seorang lelaki dan perempuan dalam rentang waktu tertentu. Biasanya dalam konteks liburan, begitu liburan selesai maka sang mempelai pria menceraikan istrinya.

 

Topik nikah wisata menjadi pembahasan di MUI lantaran semakin maraknya praktek semacam ini di masyarakat.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini