nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bangunan Liar di Makam Sondang Dibongkar Petugas

Catur Nugroho Saputra, Jurnalis · Kamis 15 Desember 2011 11:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2011 12 15 338 542652 feZZ1pe5h0.jpg Pembongkaran bangunan liar (Foto: Catur Nugroho Saputra/Okezone)

JAKARTA - Petugas gabungan dari Satpol PP Jakarta Timur, Sudin Pertamanan, polisi dan TNI, membongkar bangunan liar di areal makam di TPU Pondok Kelapa. Lokasi pembongkarang juga dekat dengan makam Sondang Hutagalung, aktivis yang tewas setelah membakar dirinya di depan Istana Merdeka.

Pembongkaran bangunan liar ini, sebagai upaya peningkatan pelayanan terhadap masyarakat dalam hal pemakaman, yang saat ini di Jakarta lahan makam sudah mulai kritis.

"Ini sebagai peningkatan pelayanan masyarakat," ujar Kasudin Pemakaman, Made Sudiartha, kepada wartawan, Kamis (15/12/2011).

Menurutnya luas TPU Pondok Kelapa yang mencapai 44 hektare, setidaknya ada 5 persen atau lebih kurang 2 hektare berdiri bangunan liar. "Dari 2 hektare ini, terdapat 97 bangunan," paparnya.

Pantauan Okezone, petugas gabungan yang dilakukan untuk pembongkaran ini, berjumlah 400 orang yang terdiri dari unsur Satpol PP, Sudin Pertamanan, polisi dan TNI.

Sempat terjadi perdebatan antara pemilik tempat pengumpul barang bekas, Haji Harun, dengan petugas. Ia meminta waktu tiga hari, untuk membereskan barang-barangnya. Namun hal itu tidak digubris petugas, dan akhirnya mengeluarkan barang bekas dan membongkar bangunannya. (nto)

(ahm)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini