196 Warga Depok Terserang Chikungunya

Marieska Harya Virdhani, Okezone · Kamis 05 Januari 2012 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2012 01 05 338 552302

DEPOK - Sebanyak 196 warga Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, Depok, Jawa Barat, terserang wabah Chikungunya. Wabah yang ditularkan oleh vektor nyamuk ini juga membuat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mendirikan posko pengobatan gratis.

 

Kepala Dinkes Depok Hardiono mengatakan laporan wabah tersebut diterimanya sejak dua hari lalu. Namun pihaknya baru turun meninjau lokasi kemarin. “Jadi ada 196 warga terserang dan 70 persen di antaranya sudah sembuh, kami dirikan posko pengobatan gratis, mulai kemarin sampai semua warga sembuh,” jelasnya kepada wartawan, Kamis (05/01/12).

 

Hardi menambahkan saat ini tim dari Puskesmas setempat dan Kementrian Kesehatan masih berada di lokasi untuk meninjau penularan wabah tersebut. Ciri-cirinya, yakni, tubuh sakit jika digerakkan, dan demam. “Besok kami akan gencar melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) ke rumah warga,” tegasnya.

 

Sementara itu, Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail mengatakan untuk memutus mata rantai penularan Chikungunya yakni dengan melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Serta menjaga penyimpanan makanan agar tetap higienis.

 

“Harus lakukan PSN, kalau mau mencegah dari vektor nyamuk harus bisa terapkan PHBS, jangan salahkan musim hujan,” papar Nur Mahmudi.  

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini