Polda Metro Tengah Memburu Perampok Minimarket

Bagus Santosa, Okezone · Rabu 11 Januari 2012 16:58 WIB
https: img.okezone.com content 2012 01 11 338 555511 TiVSEXkYIL.jpg Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Belakangan ini minimarket di wilayah Jakarta kerap menjadi sasaran perampokan. Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Pol Gatot Eddie Pramono mulai menelaah pelakunya.

 

Kendati motif dan modus yang dilakukan perampok ini mirip, Gatot mengatakan hingga masih belum mengetahui siapa pelakunya. Kini, lanjutnya, anggotanya terus mengejar dan memburu pelaku.

 

"Sementara masih kita kejar, ada yang satu orang pelaku ada juga yang berkelompok. Tim sudah mengejar tinggal tunggu saja," katanya di Mapolda Metro Jaya, Rabu (11/1/2012).

 

Dia menambahkan, untuk sekarang ini tidak bisa disimpulkan apakah memang kejadian-kejadian yang belakangan ini terjadi sebagai efek sporadis dan musiman. Dia bahkan tak mau berpolemik soal apakah dalang di balik ini semua memiliki keterkaitan. "Kita belum menangkap pelaku jadi belum bisa menyimpulkan apa-apa," jelasnya.

 

Perampokan minimarket ini kerap terjadi, yang terakhir terjadi di Jombang, Pondok Aren, Tangerang pada Selasa 10 Januari 2012 dini hari lalu. Rampok ini berhasil menggasak uang beserta beberapa barang seperti rokok dan susu bubuk.

 

Aksi serupa juga terjadi di sejumlah minimarket seperti di wilayah Ciputat, Jakarta Selatan; Menteng dan Kebon Sirih, Jakarta Pusat; Ciawi dan Gunung Putri, Bogor; Pamerah, Jakarta Barat; Pulo Gadung, Jakarta Timur; Bekasi dan Depok. Minimarket yang menjadi sasaran adalah biasanya minimarket yang buka 24 jam seperti Alfamart, Indomaret, dan Circle K.

 

Modus yang dilakukan, para pelaku biasanya berkelompok tidak lebih dari 5 orang dan biasanya tiba-tiba masuk ke dalam toko dengan membawa senjata api atau pun senjata tajam lalu mengancam penjaga toko yang sedang bekerja. Oleh pelaku, penjaga toko ini biasanya diikat tangan dan kakinya dengan sumbu kompor atau tali sepatu lalu disekap di sebuah ruangan.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini