Dari Mana Asal Senjata Api Ilegal?

Reka Agni Maharani, Okezone · Sabtu 21 Januari 2012 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2012 01 21 338 561194 PSj7Lz3WDG.jpg

JAKARTA- Maraknya peredaran senjata api ilegal di kalangan masyarakat mendorong kepolisian untuk terus memburu penjual senjata api tersebut.

Namun Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Metro Jaya, Komisaris Besar Pol Rikwanto menjelaskan, polisi kesulitan melakukan penelusuran senjata api ilegal yang sekarang ini banyak beredar. Pasalnya para pemilik senjata api ilegal tersebut mendapatkan senjata itu dari tangan ke tangan.

"Polisi biasanya menegetahui asal usul senjata api ilegal dari penangkapan pelaku kemudian kita telusuri darimana asalnya. Senjata api ilegal ini kan dapatnya dari berbagai macam jadi tidak hanya dari beberapa tempat," kata Rikwanto kepada wartawan di Markas Polda Jakarta, Sabtu (21/01/2012).

Rikwanto menjelaskan ada beberapa tempat yang menjadi penyebaran senjata ilegal, antara lain dari wilayah-wilayah garis pantai, daerah-daerah dari bekas konflik, dan ada pula senjata-senjata rakitan yang berasal dari home industry.

 

"Kalau dari hasil keterangan pelaku yang pernah tertangkap, mereka biasanya bukan tangan pertama. Mereka biasanya dapat dari si A yang sebelumnya di beli dari si B dan si B bisa jadi dapat dari tempat-tempat tadi dan mereka membeli dengan harga yang berbeda," ungkap Rikwanto. 

Sampai saat ini, polisi masih terus mendalami dan menyelidiki tempat-tempat penyebaran senjata api ilegal tersebut. "Ini tetap akan kita cari tetapi perlu waktu yang lama karena mereka (pelaku yang ditangkap) tidak terkait langsung dengan si pengedar pertama senjata api itu," tandasnya.

(ugo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini