Share

Usai Ditertibkan, KBT Akan Dibangun Jalan Arteri

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Selasa 09 Desember 2014 18:54 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 09 338 1076923 usai-ditertibkan-kbt-akan-dibangun-jalan-arteri-AtZsTa4lC3.jpg Usai ditertibkan, KBT akan dibangun Jalan Arteri (Foto: Okezone)

JAKARTA - Unit Pelayanan Teknis (UPT) Kanal Banjir Timur (KBT) melakukan penertiban bangunan di sepanjang bantaran atau Jalan Inspeksi KBT, Duren Sawit dan Jatinegara Jakarta Timur.

Selain untuk mengembalikan fungsi Ruang Terbuka Hijau dan fasilitas umum, rencananya lahan tersebut akan dibangun jalan arteri yang menghubungkan Pondok Kopi, Durensawit, hingga Cipinangbesar Selatan (Cibesel), dan Jatinegara.

"Kami bebaskan lahan sepanjang 2 kilometer dari Pondok Kopi sampai Cibesel. Nantinya akan dibangun jalan arteri hingga tembus ke Jalan DI Panjaitan. Dengan lebar jalan 18 meter," ujar Kasie Pengawasan dan Pengendalian UP KBT Dinas Pekerjaan Umum DKI, Mustajab, kepada wartawan, Selasa (9/12/2014).

Saat ini kata dia, sudah terdapat jalan inspeksi yang menghubungkan lokasi yang sama namun, dengan lebar enam meter.

Untuk pembebasan lahan tersebut dilakukan sebagai upaya menindak para PKL yang kerap berdagang di bantarana KBT yang kerap menimbulkan kemacetan.

Beberapa pengguna jalan merasa senang dengan adanya rencana pemerintah daerah soal jalan arteri tersebut. Pasalnya, kehadiran PKL cukup mengganggu kelancaran arus lalu lintas.

"Kalau lewat sini sore atau malam, macetnya minta ampun. Pedagang jualan sembarangan sampai nutupin jalan. Bagus sekarang dibersihkan, biar jalan lancar," ujar Safril, warga yang saat melintas.

Safril meminta petugas tetap melakukan pengawasan dam tetap berjaga usai melakukan penertiban.

"Jangan cuma sebatas bongkar saja, tapi tetap harus ada pengawasan. Jadi PKL nggak bermunculan lagi," kelakarnya.

Dari data yang dihimpun Okezone, total sebanyak 1.000 lapak dan 300 bangunan liar yang ditertibkan di KBT hari ini.

(hol)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini