Asal-Usul Nama 'Djarot' Berasal dari Penjual Tempe

Qur'anul Hidayat, Okezone · Jum'at 19 Desember 2014 18:53 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 19 338 1081665 asal-usul-nama-djarot-berasal-dari-penjual-tempe-ruqofF6UKg.jpg Wagub DKI Djarot Syaiful Hidayat (Foto: Ist)

JAKARTA - Saat rapat koordinasi kesiapsiagaan dan antisipasi banjir Provinsi DKI Jakarta sedang berlangsung, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat tiba-tiba saja bercerita tentang asal-usul namanya.

Rapat yang dihadiri oleh sejumlah Wali Kota, TNI, Polri, BNPB, BMKG, dan Tim SAR itu sendiri berlangsung di Balai Agung, Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (19/12/2014).

"Lupa, nama saya Djarot Syaiful Hidayat, baru kemarin dilantik sebagai Wakil Gubernur," celetuk Djarot mengawali ceritanya.

Dia menuturkan, selain sangat identik dengan laki-laki, Djarot bukanlah nama awal dirinya. Penambahan nama itu setelah dia diasuh oleh seorang pedagang tempe.

"Djarot itu artinya anak laki-laki, perempuan enggak ada yang namanya Djarot, iya toh? Saya diasuh oleh langganan ibu saya yang jual tempe, tiap hari diasuh. Dia suka panggil Djarot, kemudian melekat nama itu," bebernya.

Tidak sampai di situ, mantan Wali Kota Blitar, Jawa Timur itu juga mengungkap arti namanya, yakni Syaiful berarti 'pedang' dan Hidayat berarti 'petunjuk'. Jika digabungkan maka Djarot Syaiful Hidayat berarti 'seorang pria yang membawa pedang dan mendapat petunjuk'.

"Terus saya nanya sama ibu saya, apa artinya Djarot itu, ya sudah anak laki-laki dan ibu berdoa nanti sudah gede berkumis dan agak ganteng," cerita Djarot yang lantas mengundang tawa satu ruangan.

Penambahan nama Djarot sendiri membuat dirinya kerepotan karena harus kembali mengurus akte kelahiran untuk diubah dan disandingkan dengan nama sebelumnya, Syaiful Hidayat.

"Akhirnya saya ke kantor kelurahan, alasannya adalah karena waktu kecil sering sakit-sakitan maka perlu ditambah nama Djarot," tutupnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini