Djarot: Pemimpin dan Rakyat seperti Ikan dengan Air

Qur'anul Hidayat, Okezone · Kamis 25 Desember 2014 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 25 338 1083747 djarot-pemimpin-dan-rakyat-seperti-ikan-dengan-air-ofUB78ZYfC.jpg Djarot: Pemimpin dan Rakyat seperti Ikan dengan Air (Foto: Arif Julianto/Okezone)

JAKARTA - Beragam cerita disampaikan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat, saat menerima belasan wartawan di kediamannya di Jalan Besakih, Blok E35/11, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (25/12/2014).

Orang nomor dua di Ibu Kota itu mengatakan, seorang pemimpin harus selalu dekat dengan rakyat. Terlebih, hubungan rakyat dengan pemimpin tidak bisa dipisahkan.

"Sebagai pemimpin enggak boleh jauh-jauh dari rakyat, bisa mendengar apa harapan rakyat dan juga harus bisa membaui keringat rakyat, bergaul dengan rakyat," cetus Djarot.

Mantan Wali Kota Blitar, Jawa Timur itu menganalogikan bahwa hubungan antara pemimpin dan rakyat tak ubahnya seperti ikan yang tidak bisa hidup tanpa air.

"Kayak ikan dengan air, rakyat itu adalah air bagi pemimpin atau ikan-ikan. Tidak bisa pemimpin sendiri, apa mau di hutan, mimpin sendiri," bebernya.

Suami Eppy Farida itu menambahkan, jadi pemimpin bukanlah hal yang menyenangkan. Amanah dan tanggung jawab yang diemban tak ubahnya sebuah penderitaan.

"Pemimpin juga harus memberi arah mau kemana, kasih motivasi, bahwa dulu kata KH. Agus Salim, kalau memilih jadi pemimpin itu adalah jalan sebuah penderitaan," tukas Djarot.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini