nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Pajak Progresif, Ahok: Kalau Pas-Pasan Naik Angkot Saja

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 13 Januari 2015 16:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 01 13 338 1091658 soal-pajak-progresif-ahok-kalau-pas-pasan-naik-angkot-saja-yC4B3etxAZ.jpg Soal Pajak Progresif, Ahok: Kalau Pas-Pasan Naik Angkot Saja

JAKARTA - Upaya Pemprov DKI Jakarta mendorong warga pindah ke transportasi publik akan semakin intensif. Setelah memutuskan area bebas sepeda motor diperluas hingga Blok M dan Kuningan, Pemprov juga akan membatasi penggunaan mobil pribadi.

Untuk membatasi penggunaan mobil pribadi, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengusulkan adanya kenaikan pajak kendaraan bermotor milik pribadi.

“Yang harus dibatasi itu kendaraan pribadi, caranya kita naikkan pajaknya. Kalau di Singapura dan Shanghai lebih gila lagi, harus memiliki izin parkir, tapi kita belum sampai pada tahap seperti itu,” ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (13/01/2014).

Dengan adanya kenaikan pajak, Ahok berharap, masyarakat akan beralih pada transportasi umum. Mantan Bupati Belitung itu berjanji akan membereskan semua transportasi umum di Jakarta.

“Oleh karena itu, kita minta Dirut PT Transjakarta agar memperbaiki kekurangannya, kita menargetkan dalam dua tahun. Kalau Pas-pasan naik kendaraan umum saja,” ungkapnya.

Ahok juga membantah adanya pembatasan kendaraan umum yang berumur tua. Menurutnya, selama laik dan lolos uji KIR, kendaraan tersebut diperbolehkan beroperasi di Jakarta.

"Adanya Peraturan Daerah (Perda) yang tidak memperbolehkan kendaraan berusia tua untuk digunakan, itu salah. Semua tergantung uji KIR. Kalau memang layak pakai tidak masalah. Justru yang harus dibatasi itu kendaraan pribadi," tegasnya. (sna)

(ugo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini