Rescue Perindo Dorong Kaum Muda Tanggap Bencana

Carolina Christina, Okezone · Rabu 11 Februari 2015 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2015 02 11 338 1104462 rescue-perindo-dorong-kaum-muda-tanggap-bencana-VO9HUuAgTb.jpg Rescue Perindo dorong kaum muda tanggap bencana (Foto: Okezone)

JAKARTA - Rescue Perindo mengajak kaum muda untuk lebih peduli terhadap sesama dan peduli bencana. Saat ini, wilayah Indonesia yang rawan bencana belum diimbangi aksi tanggap darurat dari pemerintah maupun masyarakat.

”Rescue Perindo bertekad untuk berada di garis terdepan dalam upaya membantu korban bencana alam maupun kerusakan lingkungan,” ujar Adin Denny, Ketua Rescue Perindo saat berkeliling untuk evakuasi korban banjir di Jakarta, Rabu (11/2).

”Kami mengajak kaum muda yang memiliki kepedulian terhadap bencana dan lingkungan, serta berjiwa sosial tinggi untuk bergabung dengan Rescue Perindo,” kata Adin.

Mengutip data Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), terdapat 61 juta jiwa penduduk Indonesia yang tinggal di 315 kabupaten/kota rawan banjir. Sebanyak 124 juta jiwa menetap di kawasan rawan longsor, dan 5 juta jiwa lainnya tinggal di daerah berpotensi tsunami. Sepanjang 1629-2014, sudah 174 kali tsunami menghantam Indonesia.

Sejak terbentuk pada 2013, Rescue Perindo terlibat aktif dalam penanganan bencana di berbagai daerah di tanah air. Misalnya, membantu korban pergeseran tanah di Desa Cimuncang, Majalengka, Jawa Barat, serta korban longsor Banjarnegara, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

”Kami akan memaksimalkan program kerja kami agar lebih intens dan tanggap dalam menghadapi bencana yang kerap terjadi di Indonesia,” ungkap Adin.

Rescue Perindo mengajak pria dan wanita berusia 25-40 tahun yang memahami rescue, tanggap darurat, dan menguasai manajemen bencana untuk bergabung. “Selain itu, anggota harus berdedikasi tinggi, jujur, dan penuh tanggung jawab," terang Adin.

(crl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini