Share

Caci Maki Ahok Lecehkan TAP MPR

Risna Nur Rahayu, Okezone · Minggu 22 Maret 2015 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 22 338 1122419 caci-maki-ahok-lecehkan-tap-mpr-71Sc6Qv5Oa.jpg Caci Maki Ahok Lecehkan TAP MPR (Foto: Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) melontarkan kata-kata kotor saat sedang diwawancarai secara live mengenai kisruh dirinya dengan DPRD, oleh presenter salah satu televisi swasta belum lama ini.

Bahkan, meski sudah diberitahu si presenter kalau wawancara tersebut disiarkan live, Ahok tak peduli, malah menyebut itulah resiko mewawancarainya live. Kata-kata kotor itu Ahok tujukan untuk anggota DPRD.

Pengamat Hukum Tata Negara dari Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Masnur Marzuki, menyayangkan sikap Ahok tersebut. Menurutnya, Ahok berpotensi melanggar TAP MPR VI/2001 tentang Etika Kehidupan Bernegera.

"Dalam TAP tersebut jelas diatur tentang etika penyelenggara negara. Ahok telah melecehkan amanat TAP MPR dengan caci-makinya yang sangat sembrono dan bertolak belakang dengan nilai sosial dan budaya Indonesia," ujar Masnur kepada Okezone, Minggu (22/3/2015).

Apalagi, sambung Masnur, umpatan dan makiannya itu disiarkan secara live dan disaksikan khalayak ramai termasuk anak-anak yang bisa kena dampak degradasi nilai moralitas sosial.

Dia menerangkan, pokok-pokok etika dalam kehidupan berbangsa mengedepankan kejujuran, amanah, keteladanan, sikap toleransi, menjaga kehormatan serta martabat diri sebagai warga bangsa dan penyelenggara negara.

TAP MPR memang tidak mengatur ancaman hukuman karena sifatnya panduan bernegara dan secara hirarki perundang-undangan berada di bawah UUD 1945 dan di atas Undang-Undang. Namun yang menjadi catatan, panduan bernegara itulah yang Ahok langgar.

"Maka dalam perspektif ketatanegaraan, tindakan Ahok tersebut adalah perbuatan yang patut dan layak untuk nilai sebagai tindakan yang bertentangan dengan TAP MPR yang masih diletakkan sebagai norma hukum dalam sistem hukum di negara kita," pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini