Kriminalitas Tinggi, Ahok Tak Bisa Hanya Andalkan CCTV

Awaludin, Okezone · Senin 22 Juni 2015 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 22 338 1169143 kriminalitas-tinggi-ahok-tak-bisa-hanya-andalkan-cctv-bnj5G4NeiA.jpg Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Foto: Okezone)

JAKARTA - Maraknya kriminalitas di Ibu Kota masih menjadi pekerjaan rumah bagi Polda Metro Jaya dan Pemprov DKI. Diusianya ke-488 yang terbilang matang, Jakarta seharusnya bisa berbenah diri sehingga angka kriminalitas bisa terus menurun.

Untuk mengurangi kriminalitas di ibu kota, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) gencar menyebar Closed Circuit Television (CCTV) di sejumlah ruas jalan untuk memantau kondisi keamanan di Jakarta.

Tak tanggung-tanggung sebanyak 2.500 CCTV disediakan oleh Pemprov DKI demi menurunkan angka kriminalitas ibu kota.

Pakar Kriminolog Universitas Indonesia (UI), Ade Erlangga Masdiana, menilai rencana Ahok untuk memasang CCTV di ibu kota tidak efektif.

"Ahok punya keterbatasan, terutama ada semacam jarak antara Ahok dengan birokrasi," ujar Erlangga saat berbincang dengan Okezone, Senin (22/6/2015).

Kata dia, orang nomor satu di Jakarta itu tidak bisa mengandalkan CCTV dalam memberantas aksi kriminalitas sebab wilayah DKI Jakarta sangatlah luas.

"Komunikasi politik Ahok yang enggak mendukung, sehingga lontaran dan gagasan tidak ada. Contohnya di jalan raya masih banyak jalan yang rusak. Jadi tidak bisa kalau hanya mengandalkan CCTV, harus mempunyai data yang akurat," pungkasnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini