Alasan Mendagri 'Sentil' Ahok

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Senin 22 Juni 2015 23:41 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 22 338 1169670 alasan-mendagri-sentil-ahok-tPEd6FUq21.jpg

JAKARTA - Menteri Dalam (Mendagri) Tjahjo Kumolo, mengaku terkejut dengan penyerapan anggaran DKI saat ini. penyerapan anggaran Pemprov DKI Jakartayang sampai saat ini hanya berkisar diangka sepuluh persen.

"Kami cukup terkejut bahwa penyerapan anggaran DKI itu sepuluh persenanlah perhari ini. Kita sudah komplen pada gubernur terhadap masalah itu. Namun, kompleksitas masalahnya itu memang sangat kompleks," kata Tjahjo, di Gedung DPRD DKI, Jakarta, Senin (22/6/2015).

Tjahjo pun soal pengguanaan anggaran yang dilakukan Pemprov DKI lebih suka menyewa truk sampah ketimbang untuk membeli. "Padahal anggaran yang dikeluarkan itu pertahunnya Rp400 miliar," ungkap Tjahjo.

Ia memastikan, apabila Pemprov DKI tidak melakukan perbaikan penyerapan anggaran di tahun depan. Maka, Mendagri ungkap Tjahjo, akan memberikan komplen kepada pemprov DKI melalui Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnma (Ahok).

"Ya, PAD harus diatas 70 persen. Kalau tidak bisa jangan salahkan kami (Kemendagri) akan mengevaluasi kembali. Oleh karenanya, Pemprov DKI Kami minta aspek biaya pendidikan sebagai skala prioritas," imbuhnya.

Politikus PDI Perjuangan itu mengingatkan agar Pemprov DKI lebih mengedepankan masalah humanis seperti pelayanan kesehatan dibandingkan dengan program lainnya.

"Sekolah itu dari pada membangun rehabnya lebih mahal, dan itulah yang saya kira harus disoroti. Kita harapkan tidak ada lagi warga yang ditolak di rumah sakit. Kalau ada, kami minta Pak Gubernur untuk cabut izinnya," tandasnya. (ang)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini