Polisi Angkat Tangan Usut Transjakarta Sering Terbakar

Bayu Septianto, Okezone · Jum'at 03 Juli 2015 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 03 338 1175880 polisi-angkat-tangan-usut-transjakarta-sering-terbakar-eQ70YLDlVv.jpg Foto: Dok Okezone

JAKARTA – Terkait terbakarnya Bus Transjakarta bernomor polisi B 7436 IV jurusan Ancol-Kampung Melayu di Halte Salemba UI, Kabareskrim Komjen Budi Waseso (Buwas) menyatakan pihak kepolisian belum bisa menentukan apakah akan dilakukan penyelidikan atau tidak. Walaupun, peristiwa serupa sering terjadi.

Polisi, kata Buwas, bahkan angkat tangan apabila banyaknya bus yang terbakar itu diakibatkan lemahnya masalah teknis dan kualitas produk.

"Jadi karena itu dianggap menjadi satu kepentingan penyelidikan, maka kita lakukan penyelidikan. Tetapi, apabila itu kelemahan teknis yang memang sudah menjadi karakter barang itu, ya kita tidak bisa apa-apa juga. Misalnya, kita membeli barang yang mudah terbakar, maka ya akan mudah terbakar. Kan gitu ," jelas Budi Waseso di Bareskrim Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (3/7/2015).

Jenderal bintang tiga itu menyatakan institusinya siap mengusut masalah ini apabila memang ada laporan yang masuk. Namun, ia tidak menerima apabila masalah yang dilaporkan hanyalah masalah yang berkaitan dengan fungsi teknis saja.

"Nanti kan itu ada yang menyatakan orang teknis, sementara kita kan bukan teknis. Soal itu, diserahkan dahulu pada pakarnya. Dicari penyebabnya apakah karena kelemahan struktur teknis busnya atau enggak, atau berkaitan kualitas," ungkapnya. (fal)

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini