nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lulusan SD Bisa Dapat Kerja di Jakarta

Raiza Andini, Jurnalis · Jum'at 24 Juli 2015 15:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 07 24 338 1184976 lulusan-sd-bisa-dapat-kerja-di-jakarta-rtyiB43XQG.jpg Foto: Dok. Okezone

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat melakukan koordinasi dengan Wali Kota Jakarta Selatan untuk mengatasi permasalahan urbanisasi di wilayah Jakarta Selatan.

Dalam rapat terbuka itu, Kepala Suku Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Jakarta Selatan, Priyono, mengungkapkan kabar baik untuk para pendatang dari daerah yang hendak mencari kerja di Ibu Kota.

Di hadapan seluruh pejabat Pemkot Jakarta Selatan, camat, lurah, dan suku dinas, Priyono menjelaskan bahwa ke depan syarat bekerja tak lagi ketat dalam urusan akademisi.

Ia mengatakan, warga yang putus sekolah dan hanya mengeyam pendidikan sekolah dasar (SD) bisa melamar pekerjaan di bidang-bidang tertentu sesuai kebutuhan dan keterampilan.

Adanya peraturan tersebut, lanjut dia, dikarenakan banyak warga yang hanya lulusan SD. Selain itu, pendidikan SD di Indonesia melebihi 50 persen.

"Banyak yang putus sekolah. Pendidikan SD mendominasi. Di Indonesia ada 60 persen. DKI mau buat terobosan, di daerah lain belum ada pergub tentang pelatihan. Di Jakarta pekerja SD masih 40 persen," jelas Priyono di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Jumat (24/7/2015).

Priyono juga menuturkan, mereka yang lulusan SD dapat dipekerjakan di sejumlah perusahaan padat karya, seperti pabrik-pabrik, maupun bekerja sebagai pemberi jasa.

"Nanti akan disalurkan ke pabrik atau toko-toko. Bisa juga ke bidang automotif, ada banyak sebetulnya di Jakarta. Tinggal bagaimana pendataan dan mereka mendaftar di BLK terdekat," tukasnya. (ira)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini