Aktivitas Perburuan Babi Hutan di Bogor Tak Seizin Warga

Yudhi Maulana, Okezone · Selasa 04 Agustus 2015 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 04 338 1190265 aktivitas-perburuan-babi-hutan-di-bogor-tak-seizin-warga-Tst4blIPE3.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

BOGOR - Babi hutan yang mengamuk di perkampungan warga karena adanya aktivitas pemburuan. Akibatnya, dua orang warga Kampung Cisaranten, Desa Wangun Jaya, Kabupaten Bogor, Nana (45) dan Ranah (50) luka parah.

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Wangun Jaya, Ahmad Safei Sam mengatakan selama ini aktivitas perburuan babi hutan di Kawasan Hutan di dekat Desa Wangun Jaya tidak pernah ada izin.

"Kelompok pemburu memang tak pernah ada izin ke desa. Perburuan yang kemarin juga tidak ada izinnya," katanya, Selasa (4/8/2015).

Seharusnya, kata Ahmad, para pemburu meminta izin kepada warga, karena selama ini banyak babi hutan yang kabur ke pemukiman saat ada pemburuan.

Sejauh ini, sudah ada tiga kejadian serupa. "Pernah sebelum puasa kejadian juga warga diserang babi hutan, luka di bagian dada. Waktu itu juga lagi ada perburuan," ungkapnya.

Sebenarnya, keberadaan babi hutan memang merugikan warga. Banyak lahan pertanian warga yang rusak akibat diserang babi hutan. Ia juga setuju bila babi hutan ini diburu. Namun, seharusnya, para pemburu mengajukan izin agar warga bisa bersiap untuk mengantisipasi adanya kerumunan babi hutan yang datang ke pemukiman.

"Akhirnya Sekarang kan memakan korban lagi, saya harap bila memang ada kelompok pemburu yang ingin melakukan pemburuan, izin dulu ke desa. Biar kami yang memeritahukan warga, agar warga bisa mengurangi aktivitasnya," tukas Ahmad. (ang)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini