nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

DPRD DKI Sahkan Perda Pelestarian Budaya Betawi

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 19 Agustus 2015 00:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 08 19 338 1198484 dprd-dki-sahkan-perda-pelestarian-budaya-betawi-OLlwg5mWu8.jpg Ilustrasi (Dok Okezone)

JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta telah mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi. Peraturan tersebut diharapkan mampu mengangkat kebudayaan Betawi di Ibu Kota.

Anggota DPRD DKI Jakarta, Hamidi AR mengatakan sebelum pengesahan dilakukan, Badan Legislasi Daerah (Balegda) DPRD DKI telah melakukan rapat pembahasan Raperda tentang Pelestarian Kebudayaan daerah. Rapat pembahasan dilakukan mulai 23 April hingga 13 Agustus 2015.

"Hasilnya sekarang kita sahkan Perda tersebut. Karena mekanisme pembahasan yang dilaksanakan Balegda telah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," ujar Hamidi di Gedung DPRD DKI, Jakarta, Selasa (18/8/2015).

Dia berharap, setelah dibuatnya Perda Pelestarian Kebudayaan Betawi maka ke depannya pemerintah DKI mampu menjaga dan melestarikan kebudayaan itu di Jakarta

Perda yang terdiri dari 10 bab dan 49 pasal, antara lain mengatur menumbuhkembangkan pelestarian kebudayaan Betawi dan meningkatkan kesadaran masyarakat Jakarta terhadap pelestarian budaya Betawi. Masyarakat juga diperkenankan memberikan masukan kepada pemerintah.

"Masyarakat berhak memberikan masukan kepada Pemda dalam upaya pelestarian kebudayaan Betawi. Masyarakat juga berhak menyimpan, merawat dan melestarikan naskah kuno budaya Betawi dengan mendaftarkannya ke perpustakaan umum daerah," jelas dia.

"Harapan kami, dengan disahkannya perda ini, masyarakat berhak memperoleh kesempatan seluas-luasnya untuk berperan serta melestarikan kebudayaan Betawi. Untuk menunjang pelestarian kebudayaan Betawi, diperlukan website alat berkomunikasi untuk mempromosikan dengan informasi berkuallitas," tandas Hamidi.

Pengesahan Perda pelestarian Kebudayaan Betaei itu dipimpin langsung oleh Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi dan juga dihadiri Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) serta Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini