nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pabrik Saus Berbahaya Digerebek Polisi

Yudhi Maulana, Jurnalis · Jum'at 28 Agustus 2015 15:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 08 28 338 1204145 pabrik-saus-berbahaya-digerebek-polisi-tkB7QlJ55f.jpg Ilustrasi Penggerebekan (foto: Okezone)

BOGOR - Sebuah pabrik pembuatan saus berbahaya di Bogor digerebek petugas Polres Bogor serta Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Pabrik bernama SNIC itu terletak di Kampung Kembangkuning, Desa Kembang Kuning, Klapanunggal, Bogor.

Kapolres Bogor AKBP Suyudi Ario Seto mengatakan, pabrik diduga beroperasi tanpa izin dan menggunakan bahan-bahan terlarang.

"Kemarin malam kita gerebek pabrik tersebut, dan langsung kita tutup. Kita juga amankan tiga karyawan berinisial PT, YN, dan JN, serta pemilik pabrik TSM," jelasnya saat dikonfirmasi, Jumat (28/8/2015).

Suyudi melanjutkan, saat digerebek, pemilik pabrik tidak bisa memperlihatkan surat izin industri serta izin edar dari BPOM. Saus yang diproduksi juga tidak dicantumkan masa kedaluwarsanya.

"Saat dilakukan pemeriksaan, kami menemukan 40 karyawan sedang memproduksi saus dan kecap. Semua produk disita polisi dan beberapa sampel produk sudah dibawa BPOM untuk diteliti kandungannya," tutur dia.

Polisi menyita ribuan botol kecap dan saus siap edar serta berbagai bahan baku pembuat kecap dan saus. Para pelaku akan dikenakan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan UU Nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini