Gayus Tambunan Keluar Lapas Lagi

Bayu Septianto, Okezone · Selasa 06 Oktober 2015 21:31 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 06 338 1227336 layat-sang-ayah-gayus-tambunan-keluar-lapas-lagi-e2keeqiR2y.jpg (Dede Kurniawan/Okezone)

JAKARTA - Terpidana Gayus Tambunan keluar lagi dari Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur Bogor hari ini, Selasa (6/10/2015), mantan pegawai pajak ini melayat ayahnya yang meninggal di Rumah Sakit PGI Cikini, Jakarta Pusat.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Gunung Sindur Gumilar membenarkan, Gayus izin keluar dari Lapas Gunung Sindur untuk melayat sang ayah, yang meninggal sejak Senin 5 Oktober 2015 kemarin.

"Betul, Gayus tadi keluar pukul 18.00 WIB sore," kata Gumilar saat dikonfirmasi Okezone.

Gumilar menambahkan, Gayus mendapatkan izin dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenhumkam) untuk melayat. Menurutnya, pihak lapas juga melakukan pengawalan ketat dengan menempatkan tujuh orang petugas, dua dari lapas dan lima orang dari Brimob.

Gumilar menuturkan, izin keluar Gayus ini sudah sesuai dengan aturan yang di dalam SOP untuk memberikan izin keluar bagi narapidana. "Sudah ada izin dari Kementerian Hukum dan HAM, semua SOP sudah kita lengkapi," ujar Gumilar.

Sekedar diketahui, mantan pegawai Ditjen Pajak itu didakwa empat perkara. Pertama, Gayus telah menerima suap, gratifikasi, pencucian uang, dan melakukan penyuapan dengan vonis delapan tahun penjara. Sedangkan perkara kedua, Gayus terjerat kasus pemalsuan paspor dan divonis dua tahun bui.

Gayus pun terbukti menerima suap saat menangani perkara keberatan pajak PT Surya Alam Tunggal, dengan menyuap Ketua Pengadilan Negeri Tangerang Muhtadi Asnun sebesar USD30 ribu dan USD10 ribu untuk hakim anggota, penyidik polisi Kompol Arafat Enanie dan AKP Sri Sumartini masing-masing USD2.500 dan USD3.500. Gayus pun dihukum 12 tahun bui.

Adapun perkara keempat, Gayus dijatuhi hukuman delapan tahun penjara lantaran melakukan tindak pidana penggelapan pajak terhadap PT Megah Citra Raya.

Gayus diketahui baru saja dipindahkan dari Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat ke Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dia ditempatkan di Blok A Kamar 1 dan masih dalam masa isolasi sejak dipindahkan sejak Selasa 22 September 2015 akibat keluyuran saat menghadiri sidang perceraian di PA Jakarta Utara pada 9 September 2015 lalu.

(fds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini