nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bareskrim Sita Ratusan Kosmetik Palsu Produksi CV Unicare

Dara Purnama, Jurnalis · Kamis 26 November 2015 17:53 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 11 26 338 1256422 bareskrim-sita-ratusan-kosmetik-palsu-produksi-cv-unicare-JacdACD4El.JPG Kosmetik (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA - Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Mabes Polri mengungkap sindikat pabrik kosmetik yang menggunakan bahan berbahaya borax di kawasan Tangerang, Banten, Kamis (26/11/2015). Adapun nama pabrik tersebut adalah CV Unicare Jaya Makmur milik Indra Wijaya (31) yang merupakan warga Bekasi.

Pengungkapan pabrik ilegal tersebut berawal dari pengaduan masyarakat yang melaporkan ada sebuah gudang di Kompleks Pergudangan Balaraja, Tangerang, Banten yang memproduksi kosmetik ilegal.

"Satu bulan lebih kami melakukan penyelidikan terkait laporan itu. 19 November kami telah lakukan penggeledahan," kata Direktur Tindak Pidana Narkoba, Brigjen Anjan Pramuka Putra dalam jumpa pers, Kamis (26/11/2015).

Anjan menjelaskan, dalam menjalankan operasinya, pelaku memiliki 113 karyawan. "Pabrik ini sudah satu bulan berjalan. Pemodalnya adalah warga dari Pakistan dan India yang sedang kami buru," katanya.

Polisi juga telah menyita ratusan kosmetik yang siap diedarkan. Bahan baku dari kosmetik itu menggunakan bahan baku kimia borax dan dikemas dengan plastik dengan berat puluhan kilogram. Kometik yang diproduksi tidak satu pun yang memiliki izin Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Bahan baku kosmetik tersebut diperoleh dari toko kimia yang ada di Tangerang. Setelah diuji, kosmetik yang diedarkan pelaku ke negara Timur Tengah.

"Kosmetik dijual ke Dubai, Arab Saudi, dan Afrika Selatan. Sementara bahan kimia yang digunakan ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian," kata jenderal bintang satu ini.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini