Angkot Mogok Massal, Ratusan Penumpang Terlantar

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Senin 30 November 2015 09:40 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 30 338 1258048 angkot-mogok-massal-ratusan-penumpang-terlantar-J71vK13gmI.jpg Para sopir angkot memarkir kendaraan mereka di Simpang Ciawi, Bogor (Putra Ramadhani Astyawan/Okezone)

BOGOR - Puluhan sopir Angkutan Kota (Angkot), yang tergabung dalam Paguyuban Angkutan Umum Bogor Selatan, melakukan aksi mogok massal di Simpang Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (30/11/15).

Aksi mogok ini diikuti oleh sejumlah trayek angkot, yakni jurusan Cisarua-Sukasari, Cibedug-Sukasari, dan Cicurug-Sukasari.

Menurut Koordinator aksi, Iwan mengatakan, aksi mogok massal ini bertujuan untuk menolak PP Nomor 74 tahun 2014, Perkapolri Nomor 5 tahun 2012, dan Permendagri Nomor 101 tahun 2014, tentang angkutan umum harus berbadan hukum atau koperasi.

Menurut Iwan, peraturan tersebut sangat merugikan para sopir angkot karena akan mematikan mata pencaharian mereka selama ini. "Kami menolak keras peraturan yang melarang angkot perseorangan beroperasi," kata Iwan.

Iwan menambahkan, mogok massal ini rencananya akan dilakukan hingga pukul 17.00 WIB sore. Mereka juga berencana menggelar orasi di Tugu Macan Ciawi. "Kami akan terus melakukan mogok massal sampai pemerintah memenuhi tuntutan kami," tegasnya.

Akibat aksi ini, ratusan calon penumpang yang biasa menggunakan trayek tersebut terpaksa harus menggunakan moda transportasi lain. Sebagian penumpang juga terlihat terlantar di pinggir jalan karena tidak ada angkot yang beroperasi di wilayah tersebut.

(fds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini