nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Selidiki Buku KIR Metromini Maut

Regina Fiardini, Jurnalis · Selasa 08 Desember 2015 14:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 12 08 338 1263109 polisi-selidiki-buku-kir-metromini-maut-cMxm5GT8j5.jpg Foto: Antara

JAKARTA - Banyaknya angkutan umum yang menggunakan KIR palsu membuat Polda Metro Jaya melakukan penyelidikan terhadap Metromini B 80 yang baru saja mengalami kecelakaan di Jalan Tubagus Angke, Jakarta Barat pada Minggu 6 Desember 2015.

"Kalau ternyata dia KIR-nya palsu bisa dikenakan hukuman," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (8/12/2015).

Dikatakan Tito, jika angkutan tersebut terbukti melakukan pemalsuan buku KIR bukan pengemudi yang akan di pidana, melainkan pemiliknya karena telah membiarkan angkutan tak layak pakai untuk beroperasi.

"Pemiliknya bisa dikenakan itu. Dia dikenakan ancaman pemalsuan surat. Hukuman pidananya sampai enam tahun," ujarnya.

"Tapi ini kan lebih banyak faktor bukan karena mobil ya tapi pengemudi jadi lebih banyak sistem rekrutmennya," tambahnya.

Terkait hal itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Mohammad Iqbal mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan pemeriksaan terhadap pemilik dan pengelola guna mengetahui apakah Metromini yang mengalami kecelakaan maut di hari Minggu pagi itu layak jalan atau tidak.

"Pemilik dan pengurus Metromini akan kita panggil. Karena soal izin KIR ini kita ada kerjasama dengan Dishub apakah ada dugaan Metromini tersebut gunakan KIR palsu," timpal Iqbal.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini