Jokowi Dijadwalkan Hadiri Festival Cap Go Meh di Bogor

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Sabtu 20 Februari 2016 00:28 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 20 338 1316831 jokowi-dijadwalkan-hadiri-festival-cap-go-meh-di-bogor-l79GXHklvW.jpg

BOGOR - Masih dalam kemeriahan Imlek, Kota Bogor akan kembali menggelar kirab budaya Cap Go Meh (CGM) Street Fest 2016. Agenda tahunan tersebut dijadwalkan akan dihelat pada Senin, 22 Februari 2016 mendatang.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Vihara Dhanagun di Jalan Suryakancana akan menjadi lokasi start pawai kemudian akan berakhir di Jalan Siliwangi, Kota Bogor.

Ketua Panitia Cap Go Meh (CGM) 2016 Arifin Himawan menuturkan, CGM Street Fest 2016 rencananya akan menghadirkan aneka pertunjukan seni budaya Nusantara dan melibatkan 10 ribu pengisi acara. Di antaranya karnaval budaya dari BoDitutup abats (Bobats) dan MB Pakuan, paduan suara SMA Regina Pacis, hingga pertunjukan Liong Barong.

Kesenian marawis, reog ponorogo, barong landung dan kesenian khas Sunda lainnya seperti culun nalaktak, dan rengkak ayakan juga akan tampil untuk memeriahkan Festival CGM Street Fest 2016.

"Perhelatan kali ini diperkirakan akan melibatkan 10.000 pengisi acara dan menyedot sekitar 100 ribu pengunjung," katanya saat menggelar konfrensi pers di Hotel 101, Jalan Suryakancana, Kota Bogor, Jumat (19/02/16).

Selain itu, perayaan CGM tahun ini juga akan dimeriahkan dengan kesenian tradisional Lo Cia San Tai Dance persembahan dari negara Taiwan.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugirto menyampaikan, Perayaan Cap Go Meh bagi Kota Bogor merupakan sebuah festival budaya dan bukan perayaan keagamaan.

Hal ini ditunjukkan dari kegiatan dan acara yang akan mengisi rangkaian pawai. Acara akan dibuka dengan doa bersama dari tokoh lintas agama, festival drumband, helaran dari berbagai komunitas budaya, dan kirab joli.

"Event ini diharapkan dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat dan memperkaya keragaman budaya khususnya di Kota Bogor. Sehingga Kota Bogor dikenal sebagai kota yang berbudaya dan toleran," ungkapnya.

Dalam event kali ini, rencananya juga akan dihadiri tamu undangan seperti Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi, Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin dan jika tidak berhalangan Presiden Joko Widodo pun akan hadir dalam pentas budaya ini.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini