Jelang Cap Go Meh, Warga Bogor Gelar Ritual Iris Lidah

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Senin 22 Februari 2016 05:40 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 22 338 1317824 jelang-cap-go-meh-warga-bogor-gelar-ritual-iris-lidah-KAZJQAY5B2.jpg Warga Bogor Saat Iris Lidahnya Sendiri (Foto: Putra/Okezone)

BOGOR - Jelang perayaan puncak Cap Go Meh (CGM) Street Fest 2016, warga Kota Bogor keturunan Tionghoa melakukan ritual iris lidah di halaman Vihara Dhanagun, Jalan Suryakencana, Kota Bogor, Minggu 21 Februari 2016.

Ritual iris lidah sendiri digelar dengan tujuan meminta perlindungan dan berkah pada para dewa dan leluhur. Ketua Panitia Cap Go Meh (CGM) Street Fest 2016, Arifin Himawan mengatakan ritual iris lidah tersebut dilakukan oleh tujuh orang (Tangsin) yang mengiris lidah mereka menggunakan sebilah pedang.

"Nantinya darah yang mengalir dari lidah para Tangsin akan tampung di mangkok lalu darah tersebut digunakan sebagai tinta yang dituliskan kertas mantra berwarna kuning," katanya.

Ritual iris lidah tersebut sudah dilakukan sejak puluhan tahun lalu oleh warga keturunan Tionghoa dengan tujuan meminta perlindungan dan berkah kepada dewa dan leluhur.

"Kegiatan ini sudah turun temurun dilakukan jelang puncak perayaan Cap Go Meh. Tujuannya untuk keselamatan, kelancaran usaha, keberuntungan, tolak bala dan kelancaran rezeki dan juga memohon kelancaran untuk acara besok," jelasnya.

Rencananya, Senin (22/2/2016) Kota Bogor akan merayakan puncak perayaan Imlek dengan menggelar Cap Go Meh (CGM) Street Fest di Jalan Suruakencana, Kota Bogor.

Acara tersebut akan dimeriahkan dengan pawai budaya dan pertunjukan kesenian daerah lainnya baik dari Indonesia dan negara Taiwan.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini