Obok-Obok Ruang Ketua DPRD DKI, Polisi Cari Dokumen Kasus UPS

Dara Purnama, Okezone · Kamis 03 Maret 2016 15:19 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 03 338 1326817 obok-obok-ruang-ketua-dprd-dki-polisi-cari-dokumen-kasus-ups-i3PSOGH7Ri.png Bareskrim geledah ruang kerja Ketua DPRD DKI (Foto: Salsa/Okezone)

JAKARTA - Bareskrim Mabes Polri melakukan penggeledahaan ruang kerja Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi. Penggeledahan dilakukan terkait pengembangan kasus dugaan korupsi pengadaan UPS di lingkungan Pemprov DKI tahun anggaran 2013-2014.

Direktur Tindak Pidana Korupsi (Dirtipikor) Bareskrim Mabes Polri, Brigjen Akhmad Wiyagus membenarkan hal tersebut.

"Memang sedang dilakukan proses penggeledahan di ruang ketua DPRD terkait dengan kasus dugaan korupsi pengadaan UPS," kata Wiyagus saat dikonfirmasi wartawan di Jakarta, Kamis (3/3/2016).

Menurutnya, hingga saat ini proses penggeledahan sedang berjalan dan dipimpin langsung oleh Kasubdit V AKBP Indarto.

Ketika ditanyakan apakah ada kemungkinan keterlibatan politisi PDIP tersebut dalam kasus UPS, Wiyagus menjawab secara normatif. "Ya kita hanya mencari dokumen yang terkait dengan proses pengadaan UPS tersebut," pungkasnya.

Sebelumnya, Bareskrim sudah menetapkan lima tersangka dalam kasus UPS ini. Dua tersangka dari pihak eksekutif yaitu Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Suku Dinas Pendidikan Menengah Jakarta Barat Alex Usman dan Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Suku Dinas Pendidikan Menengah Jakarta Pusat Zainal Soleman.

Lalu dua orang dari pihak legislatif yakni Muhammad Firmansyah dari Fraksi Demokrat dan Fahmi Zulfikar dari Fraksi Hanura. Keduanya terlibat kasus ini UPS ketika menjabat di Komisi E DPRD DKI Jakarata periode 2009-2014. Terakhir adalah Direktur Utama PT Offistarindo Adhiprima, Hari Lo.

Dari kelima tersangka tersebut baru Alex Usman yang berkas perkaranya masuk ke persidangan. Atas kasus ini total kerugian negara lebih kurang Rp81 miliar di Dikmen Jakbar dan Rp78 miliar di Dikmen Jakpus.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini