nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Seniman Kumpul Bahas Budaya Betawi yang Mulai Menghilang

Fadhly Fauzy, Jurnalis · Minggu 06 Maret 2016 12:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 03 06 338 1328929 seniman-kumpul-bahas-budaya-betawi-yang-mulai-menghilang-3hIPyEkI3T.jpg Foto: Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Kebudayaan Betawi dinilai perlahan-lahan semakin memudar lantaran tengah menghadapi proses globalisasi. Terkait hal tersebut, para budayawan Betawi berkumpul untuk membahas kebudayaan Betawi yang kian lama kian tergerus itu di Warung Komando Jalan Dr. Saharjo No 1 Tebet Jakarta Selatan.

Salah satu tokoh sekaligus Seniman Betawi, Mandra Naih mengatakan, hal tersebut terjadi karena budaya Betawi saat ini tidak didukung oleh pihak manapun, padahal seharusnya ini menjadi tanggung jawab bersama.

"Saya prihatin karena memang budaya Betawi ini amat sangat tidak ada perhatian, karena konteksnya bukan hanya sekedar SDM, tapi juga peran serta pemerintah. Padahal itu tanggung jawab bersama," ungkap Mandra di lokasi, Minggu (6/3/2016).

Selain itu Sejarawan Betawi, JJ Rizal juga mengatakan, pemerintah seperti Gubernur DKI, jangan hanya memperhatikan Jakarta selaku daerah Betawi, dari sisi struktural maupun konsep perkembangan masalah fisik, namun batin juga perlu diperhatikan.

"Karena banyak aneka ragam budaya kultural yang tinggal di Jakarta. Betawi adalah satu etnis yang menarik yakni percampuran segala macam etnis," ungkap Rizal.

Mereka berpendapat, sebagai ibu kota negara, Jakarta menjadi pusat perkembangan modernisasi, pusat pembauran, sekaligus pusat perubahan membuat tantangan ekstra dalam pelestarian budaya tersebut. Oleh karenanya, Betawi jangan hanya dijadikan sekedar logo belaka.

Untuk itu mereka berharap, agar semua pihak khususnya pemerintah, untuk turut serta dalam melestarikan budaya Betawi. Karena jika terus dibiarkan seperti ini, tidak dipungkiri budaya serta kesenian Betawi akan benar-benar hilang.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini