Peringati May Day Hari Ini, Buruh Padati Margonda

Marieska Harya Virdhani, Okezone · Senin 02 Mei 2016 10:54 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 02 338 1377924 peringati-may-day-hari-ini-buruh-padati-margonda-zrzX0ErRHy.jpg Massa buruh konvoi di Jalan Margonda Raya. (Foto: Marieska Harya Virdhani/Okezone)

DEPOK – Ribuan buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Kimia Energi Pertambangan (SP KEP) merayakan Hari Buruh Internasional (May Day) hari ini. Mereka berkonvoi menggunakan sepeda motor sambil membawa atribut memadati Jalan Margonda Raya dan Jalan Raya Bogor.

Para buruh juga berunjuk rasa di depan Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan serta Balai Kota Depok. Sasaran utama mereka adalah mendatangi setiap rumah sakit.

Mereka berkeliling sambil berorasi menyuarakan keluhan soal BPJS Kesehatan. Mereka juga membawa tuntutan penolakan sistem kerja kontrak.

"Kami berterima kasih pada perusahaan yang mengizinkan kami menggelar aksi damai hari ini pada hari kerja," ucap Wakil Ketua KEP DPC Depok, Zainudin Agung, Senin (2/5/2016).

(Baca Juga : Ziarahi Makam Marsinah, Buruh Mengeluh Banyak Serikat Main Mata)

Para buruh juga meminta tripartit antara pengusaha, pemerintah, dan serikat pekerja berjalan harmonis. Menurut mereka, buruh berperan menjadi tonggak industri dan perekonomian.

"Kami apresiasi perusahaan yang sadar akan peranan buruh. Salam pada perusahan yang mendukung aksi ini. Kami minta maaf kepada para pengguna jalan sudah memakai fasilitas jalan untuk aksi," paparnya.

Para buruh berkonvoi memutari Jalan Margonda dan Jalan Tole Iskandar serta Jalan Raya Bogor. Aksi mereka dikawal ketat Satlantas Polresta Depok dan Tim Jaguar. Para polisi juga berbaris mengawal aksi buruh.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini